Cara Pilih Nama Domain untuk SEO

Search Engine Optimization, atau SEO , mengacu pada pemilihan nama dalam sebuah website/blog dalam meingkatkan peringkat pada mesin pencari, seperti google. Kemudian ketika pengunjung mengetikan (menulis .red) kata kunci yang relevan, website anda akan muncul sebelum situs-situs lain yang menjadi pesaing anda di munculkan oleh mesin pencari. Meskipun struktur sebuah website dan link halaman mempengaruhi peringkat, nama domain yang anda pilih juga dapat berdampak pada SEO.
Tips Memilih Nama Domain Untuk SEO
  1. Pilih nama domain yang di tulis dengan tanda penghubung untuk membantu mesin pencari membedakan antara kata-kata dalam nama domain anda. Hal ini sangat membantu jika nama domain ada muncul dengan keyword yang berbeda atau kata-kata tanpa spasi.
  2. Gunakan kata kunci atau “frase” dalam nama domain anda. Anda tidak harus mencari kata kunci melalui keyword tool atau mesin pencari, namun anda harus menentukan nama domain yang dapat menarik minat pengunjung, mitra berpotensial atau pelanggan yang sedang mencari dengan kata kunci. Sebagai contoh domain web-desain atau graphic-desain dengan penggunaan frase “desain”. Keuntungan lainnya menggunakan tanda penghubung ialah ketika halaman lain atau blog lain yang memberi backlink ke situs anda tanpa anchor text maka mesin pencari akan menguraikan nama domain anda menjadi anchor text.
  3. Tambahkan lokasi anda , seperti “jakarta” dalam nama domain anda untuk menarik pengunjung lokal yang tertarget dan meningkatkan peringkat anda di mesin pencari dalam satu lokasi tertentu, (poin 3 ini akan lebih baik di gunakan pada web toko online).
  4. Usahakan membuat frase yang sangat padat agar menunjang SEO. Kepadatan kata kunci yang terkandung dalam nama domain akan memberikan nilai lebih nantinya, dibandingkan dengan nama domain yang kurang padat akan kata kunci , contoh “design.com” domain ini sangat padat hingga 100% untuk kata kunci “design” , akan tetapi jika anda menambahkan kata yang tidak mengandung kata kunci maka kepadatan akan berkurang.
  5. Tambahkan awalan atau akhiran nama domain Anda jika nama yang diinginkan sudah diambil atau jika memang sebuah kata perlu untuk ditambahkan untuk domain anda sebagai identi atas nama domain anda maka itu akan sangat membantu, Misalnya “design-blog.com” ini akan menyampaikan frase untuk pengunjung bahwa web anda “MUNGKIN” membahas cara design blog . Sebaris kalimat yang masih saya ingat dariSEO Profesional (bahwa menggunakan akhiran atas prefiks, memungkinkan mesin pencari untuk membaca kata kunci sebelum akhiran).
  6. Pilih ekstensi “.Com” jika memang masih tersedia karena ekstensi ini mencakup “global area”. Akan tetapi apabila ekstensi “.Com” tidak tersedia maka anda bisa menggunakan mulai dari pengutamaan ini “.Net” “.Org” “.Info” lalu “.Biz” .
  7. Biasakan memilih suatu ekstensi domain tertentu apabila anda membuka bisnis online seperti (toko baju online) ataupun sejenisnya yang melayani satu geografis tertentu, saya ambil contoh [Indonesia] ingat 80% browser yang di pakai oleh para netter indonesia apabila dipakai untuk pencarian suatu frase bahasa indonesia , maka google akan tampil dengan ekstensi “Co.id” namun kebanyakan para pemilik toko online di indonesia lebih memakai ekstensi “.Com” padahal jika untuk mengoptimalkan toko online di wilayah indonesia anda cukup menggunakan ekstensi “Co.id” ini akan memberikan nilai lebih bagi SEO serta bagi pengunjung sendiri.
Petunjuk Pemilihan Domain
Jika nama domain dengan kata kunci atau kombinasi kata kunci yang anda ingin tidak tersedia, pertimbangkan untuk membuat kata yang mengandung keyword baru (dengan catatan ; masih dalam lingkup yang ideal) namun dalam urutan yang bebeda.
Peringatan Pemilihan Domain
Nama domain yang menggunakan tanda penghubung bisa jadi membuat pengunjung anda sulit untuk mengingat domain anda. Akan tetapi tanda penghubung pada domain anda akan memberikan SEO yang sempurna dimata mesin pencari. Jadi semua keputusan ada ditangan anda , mana yang anda pilih (pengakuan dari manusia atau pengakuan dari mesin pencari).
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar